BPBD Pulang Pisau Tingkatkan Kapasitas Tim Penanggulangan Bencana

  • Oleh James Donny
  • 20 Mei 2019 - 20:16 WIB

BORBEONEWS, Pulang Pisau - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pulang Pisau menggelar kegiatan Peningkatan  Kapasitas Tim Penanggulangan Bencana bagi Relawan Destana atau Desa Tangguh Bencana,  Senin,  20 Mei 2019.

Kegiatan yang digelar di aula mess Pemkab Pulang Pisau tersebut diikuti oleh para peserta dari lima desa tangguh bencana di Kabupaten Pulang Pisau. 

Kepala BPBD Kabupaten Pulang Pisau,  Salahudin mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan menindaklanjuti program daerah Deputi Sub Kesiapsiagaan BNPB. 

Kegiatan itu bertujuan untuk  memperkuat keberadaan 5 Destana atau desa tangguh bencana yang telah terbentuk di Kabupaten Pulang Pisau. 

Salahudin mengatakan, ini adalah pengembangan,  dimana ada sebanyak 25 relawan masing-masing desa di lima desa tangguh bencana tersebut. "Ini yang kita latih untuk meningkatkan kapasitas mereka, sehingga nanti di saat terjadi bencana mereka bisa melakukan peringatan dini," katanya. 

Dalam kegiatan ini pihaknya akan meningkatkan kapasitas masyarakat dengan pemanfaatan sumber daya mandiri untuk mengurangi kerentanan masyarakat terhadap resiko bencana, melalui peningkatan pengetahuan dan kapasitas. 

Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah dari 5 Destana, yakni Desa Tumbang Nusa, Desa Tanjung Sangalang, Desa Garung, Desa Pilang dan Tanjung Taruna. (JAMES DONNY/B-2) 

Berita Terbaru