Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakapolres Barito Selatan Pimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-111

  • Oleh Uriutu
  • 20 Mei 2019 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Wakapolres Barito Selatan, Kompol Anak Agung Gde Wirata memimpin upcara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-111. di halaman Mapolres lama, Senin, 20 Mei 2019 sore.

Selain upacara tersebut juga dilaksanakan apel akbar gelar pasukan TNI, Polri, Lapas dan Satpol-PP, dalam rangka kesiapan menjaga kondusivitas keamanan wilayah Barito Selatan.

Dalam sambutannya, Wakapolres membacakan amanat tertulis dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara.

Dalam amanat tersebut mengupas tentang Sumpah Palapa oleh Mahapatih Gajahmada. Sumpah Palapa itu merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia. 

Wilayah Nusantara, lanjut dia, yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional untuk mengikat wilayah Indonesia.

Seperti yang secara de jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, 20 Mei 2019, kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa.

“Kita berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita. Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu,” ucap dia.

Namun, lanjutnya, semua pilihan pasti diniatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu tak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial.

Di akhir sambutannya, Menkominfo RI mengajak agar secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global. (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru