Personel BPBD Pulang Pisau Butuh Relawan Terlatih Saat Penanganan Bencana

  • Oleh James Donny
  • 20 Mei 2019 - 21:02 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau, Salahudin mengatakan personel BPBD membutuhkan relawan yang terlatih untuk memperkuat tim dalam menanggulangi bencana. 

Hal tersebut dikatakan Salahudin seusai membuka Peningkatan Kapasitas Tim Penanggulangan Bencana bagi Relawan Destana atau Desa Tangguh Bencana di aula Mess Pemda Pulang Pisau, Senin,  20 Mei 2019.

Hal tersebut dikatakan Salahudin mengingat wilayah kerja penanganan bencana di Pulang Pisau sangat luas, dengan 8 kecamatan yang letaknya berjauhan.

"Apabila mengandalkan personel BPBD saja, maka akan lambat melakukan penanganan bencana," akunya. 

Karena itu melalui bidang kesiapsiagaan pihaknya mengembangkan bagaimana relawan Destana atau Desa Tangguh Bencana di 5 desa bisa membantu penanganan atau memberikan informasi tentang bencana sejak dini.

"Melalui mereka akan memberikan informasi kebencanaan sejak dini sehingga bencana yang berhubungan dengan debit air maupun maupun kebakaran hutan dan lahan segera dapat dilakukan antisipasi," katanya.

Salahudin mengatakan untuk  memperkuat keberadaan 5 Destana atau desa tangguh bencana yang telah terbentuk di Kabupaten PulangbPisau.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah 5 Destana yakni Desa Tumbang Nusa, Desa Tanjung Sangalang, Desa Garung, Desa Pilang dan Tanjung Taruna. (JAMES DONNY/B-6) 

Berita Terbaru