Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarmasin Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPTD Wilayah XVI Provinsi Kalteng Uji Kelayakan Angkutan Darat di Terminal Patih Rumbih

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Mei 2019 - 22:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVI Provinsi Kalimantan Tengah bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Timur dan Satlantas Polres Kotim, memeriksa kelayakan serta administrasi kendaraan angkutan darat di Terminal Patih Rumbih, Kota Sampit, Senin, 20 Mei 2019 malam. 

"Hari ini kami melakukan pengecekan terhadap angkutan darat, terutama bus yang melayani rute ke beberapa kabupaten di Terminal Patih Rumbih, Sampit," ujar Ketua Tim dari BPTD Wialayah XVI Kalteng Akhiriansyah. 

Ia menuturkan, pengecekan dilakukan sebagai tindak lanjut intruksi dari Kemanterian Perhubungan. Yang mana setiap tahun harus dilakukan pengecekan angkutan umum guna keselamatan berkendara dan ketertiban administrasi, khususnya angkutan mudik melalui jalur darat. 

Pengecekan kelayakan sendiri dilakukan terhadap bus yang transit dari Palangka Raya menuju Pangkalan Bun, begitu juga sebaliknya. Pada Senin, 20 Mei 2019 malam sudah ada tiga bus yang dicek dan semuanya layak untuk melayani penumpang. 

"Dari tiga bus yang kami lakukan uji kelayakan, semuanya sudah memenuhi persyaratan, dan layak untuk melayani penumpang," kata Akhiriansyah. 

Pemeriksaan tersebut juga dilakukan guna memberikan kenyamanan terhadap penumpang. Sehingga penumpang bisa dengan tenang menggunakan jasa transportasi darat seperti bus untuk bepergian. 

Khusus petugas BPTD Wilayah XVI melakukan pengecekan terhadap surat-surat kendaraan, baik kir maupun pajak angkutan. Selain itu, mengecek kelengkapan lampu, rem, dan lainnya. 

"Jika kami temukan tidak layak berkendara, kami tahan. Dan penumpang kami pindahkan ke bus lainnya," tegas Akhiriansyah. 

Bus yang sudah dilakukan uji kelayakan juga diberikan stiker Kementerian Perhubungan. Sehingga bagi yang sudah lolos dapat diketahui dan bisa menjadi petunjuk bagi penumpang. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru