Hari Ini 1.730 Penumpang Berangkat dari Pelabuhan Sampit ke Surabaya 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 21 Mei 2019 - 07:24 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Arus mudik lebaran di Pelabuhan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur mulai meningkat. Hari ini, 21 Mei 2019, sebanyak 1.730 penumpang berangkat menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. 

Penumpang tersebut berangkat naik dua buah kapal, KM Kelimutu dan KM Kirana I. 

"Hari ini KM Kirana I tujuan Surabaya mengangkut 680 penumpang, dan sudah memenuhi kapasitas kapal saat ini," ujar Manager PT Dharma Lautan Utama Cabang Sampit Hendrik Sugiharto. 

Selain penumpang, KM Kirana I juga mengangkut kendaraan seperti truk, mobil, dan motor. Jumlah kendaraan mencapai 60 buah, didominasi kendaraan roda dua yang dibawa pemudik ke kampung halaman mereka. 

"Cukup banyak roda dua, yakni jumlahnya 40 unit. Rata-rata kendaraan tersebut milik para pemudik," kata Hendrik. 

KM Kirana I berangkat dari Pelabuhan Sampit pada pukul 07.00 WIB. Saat ini para penumpang sudah mulai memasuki kapal.

Sementara, pada pukul 04.00 WIB, berangkat juga KM Kelimutu milik PT Pelni. Jumlah penumpangnya sebanyak 1.050 orang. Jumlah mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya yang hanya 800 penumpang.

"Hari ini penumpang yang berangkat mencapai 1.050 orang, dan mulai mengalami peningkatan yang cukup signifikan," terang Kepala PT Pelni Sampit Agus Suprijatno. 

Peningkatan tersebut terjadi sejak sebelum memasuki H-15 lebaran. Hal itu karena banyak masyarakat yang sudah menyadari untuk melakukan mudik lebih awal. Sehingga mereka tidak khawatir kehabisan tiket pada saat lebaran nanti. 

"Kami sangat bersyukur terjadinya hal ini, sehingga saat H-5 hingga H-2 lebaran tidak terlalu ada penumpukan penumpang di Pelabuhan Sampit ini," harap Agus. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru