Disbudpar Harapkan Sanggar Seni Makin Eksis

  • Oleh Testi Priscilla
  • 21 Mei 2019 - 10:48 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memastikan akan terus mendukung eksisitensi setiap sanggar budaya seni budaya yang ada di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" ini.

"Beberapa waktu lalu Sanggar Igal Jue menyelenggarakan pertunjukan dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) mereka. Itu dilaksanakan di Taman Budaya Temanggung Tilung, belum lama ini dan itu sangat kita apresiasi," kata Guntur Talajan kepada Borneonews pada Selasa, 21 Mei 2019.

Sanggar Igal Jue menurut Guntur merupakan sanggar tari yang mengkhususkan diri pada kekayaan seni tari daerah Barito Timur (Bartim).

"Para pegiat seni tari di sanggar ini kerap menggali gerakan tarian tradisional dari upacara-upacara tradisional yang masih dilakukan kalangan tua, kemudian dilestarikan ke dalam bentuk tarian," jelas Guntur.

Kendati demikian harus diakui menurutnya bahwa yang paling dikenal adalah tarian Dadas atau tarian Dadas Bawo dari tarian lain yang telah mereka bawakan.

"Terkait hal itu, kami juga berharap Sanggar Igal Jue dapat terus berkembang dan mampu memberikan pertunjukan-pertunjukan berkualitas yang nantinya bisa ditampilkan di Taman Budaya dan mengundang penonton untuk melihat dan menyaksikannya," tutur Guntur. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru