Aplikasi Pilkada Berbasis Web & Mobile Apps

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Terobosan Tingkatkan Minat Baca di Kalteng

  • Oleh Testi Priscilla
  • 21 Mei 2019 - 11:48 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah Slamet Winaryo mengatakan bahwa harus ada terobosan untuk dapat meningkatkan minat baca masyarakat di Kalteng.

"Mengenai masalah kemampuan literasi masyarakat Indonesia yang dianggap masih rendah, tentu itu hal sudah lama kita ketahui," kata Slamet kepada Borneonews pada Selasa, 21 Mei 2019.

Bahkan, lanjutnya, posisi negeri ini sering dianggap menempati posisi bawah dalam banyak hal, termasuk kemampuan berliterasi dibandingkan dengan banyak negara lain.

"Bisa jadi hal itu benar, bisa pula boleh diragukan. Posisi dianggap rendah bisa dijadikan sebagai pemacu untuk lebih memperbaiki dan meningkatkan kemampuan bersama-sama," tegasnya.

Menjawab anggapan masih rendahnya minat membaca di kalangan masyarakat dan siswa, menurutnya tentu perlu dilakukan terobosan positif.

"Keinginan agar siswa di Kalimantan Tengah punya target bisa membaca buku dua jam per hari tentu sesuatu yang bagus.  Ini perlu kita dorong melalui Gerakan Literasi Keluarga (GLK). Di sini bukan hanya anak atau siswa saja yang harus membaca. Orang tua juga harus meluangkan waktunya untuk membaca," bebernya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru