9 Kabupaten dan Kota di Kalteng Bebas Malaria

  • Oleh Agus Priyono
  • 21 Mei 2019 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Cukup banyak peningkatan dalam bidang kesehatan yang dilakukan oleh Pemprov Kalimantan Tengah (Kalteng). Salah satunya 9 dari 14 Kabupaten/Kota yang ada di Kalteng telah dinyatakan bebas Malaria.

Dalam Focus Group Discussion (FGD) Publikasi Media yang digelar di Bapedalitbang, Selasa, 21 Mei 2019, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Suyuti Syamsul mengatakan, hal tersebut tidak lepas dari Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail, yang mendorong Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan itu.

"Ini merupakan hasil dari kerja keras Pemprov Kalteng melalui Dinkes untuk menekan jumlah penyebaran Malaria hingga akhirnya ada 9 Kabupaten/Kota yang sudah bersertifikat eliminasi malaria," ujar Suyuti.

Sertifikat Eliminasi Malaria pertama diterima oleh tiga kabupaten di 2014, yakni Kabupaten Barito Utara (Barut), Barito Timur (Bartim), dan juga Kotawaringin Barat (Kobar).

Kemudian masing-masing di 2015 ada Kabupaten Sukamara, 2015 ada Kabupaten Lamandau, dan di 2017 ada Kabupaten Seruyan yang mendapatkan Sertifikat Eliminasi Malaria.

Untuk 2018, Kabupaten/Kota yang mendapat Sertifikat Eliminasi Malaria ada tiga Kabupaten/Kota yakni Palangka Raya, Kotawaringin Timur (Kotim), dan Barito Selatan (Barsel).

"Kalteng sudah bebas malaria, kalaupun ada yang kena malaria, berarti dia berasal dari luar daerah Kalteng," pungkasnya. (AGUS PRIYONO/B-2/Adv).

Catatan Redaksi:

Liputan khusus terkait tiga tahun kepemimpinan Gubernur Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Habib H. Said Ismail ini bisa dibaca pada edisi khusus Skh. Plalangka Post edisi  23 Mei 2019.

Berita Terbaru