Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Minat Baca Harus Dimulai dari Lingkungan Keluarga

  • Oleh Testi Priscilla
  • 21 Mei 2019 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, Slamet Winaryo mengatakan untuk dapat meningkatkan minat baca harusnya dimulai dari lingkungan keluarga.

"Keinginan agar siswa di Kalimantan Tengah punya target bisa membaca buku dua jam per hari tentu hal bagus.  Ini perlu kita dorong melalui Gerakan Literasi Keluarga (GLK). Di sini bukan hanya anak atau siswa saja yang harus membaca. Orangtua juga harus meluangkan waktunya untuk membaca," kata Slamet, Selasa, 21 Mei 2019.

Dengan demikian, orangtua bisa menjadi teladan dalam berliterasi. Mungkin ini hal yang sederhana, Namun, tetap perlu komitmen untuk melaksanakannya secara serius dan konsisten.

"Berkaitan dengan itu juga, setiap kegiatan untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja harus ditindaklanjuti secara serius. Kita tidak ingin kegiatan, seperti sosialisasi, bimbingan teknis, pelatihan, hanya bersifat melaksanakan agenda semata. Setiap kegiatan yang digelar Dinas Pendidikan harus memberikan dampak positif berupa aksi nyata di lapangan atau di satuan pendidikan," tegasnya.

Oleh karena itu, pemimpin di sekolah diminta dapat menerapkan kebijakan yang benar-benar menyentuh upaya peningkatan mutu sesungguhnya.

"Warga sekolah juga mesti berpartisipasi aktif dan dapat bekerjasama dan menjadi teladan. Dengan demikian, upaya untuk menguatkan karakter siswa melalui gerakan literasi sekolah dapat diwujudkan," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru