Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebutuhan Dokter Spesialis di Rumah Sakit Menurun

  • 21 Mei 2019 - 22:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kebutuhan dokter spesialis di rumah sakit semakin menurun setiap tahun. Hal itu disebabkan bertambahnya jumlah dokter spesialis di rumah sakit di Kalimantan Tengah.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng Suyuti Syamsul saat kegiatan Focus Group Discussion (FGD), Publikasi Media Pencapaian Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah selama tiga tahun di Aula Bapeddalitbang, Selasa, 21 Mei 2019.

Suyuti mengatakan, jumlah dokter di rumah sakit di Kalimantan Tengah pada 2017 sebanyak 215 orang, dengan kebutuhan dokter spesialis saat itu 70 orang.

Kemudian pada 2018 terjadi peningkatan jumlah dokter di rumah sakit menjadi 277 orang. Sehingga jumah kebutuhan dokter spesialis menurun menjadi 38 orang.

Kemudian pada 2019 jumlah dokter spesialis yang dimiliki oleh rumah sakit kembali meningkat menjadi 285 orang, yang membuat jumlah kebutuhan dokter semakin menyusut menjadi 34 orang.

“Tiap dokter spesialis ini dipilih sesuai standar rumah sakit dan bukan keingingan,” jelas Suyuti.

Selanjutnya, dari 200 puskesmas yang ada di Kalimantan Tengah, kini telah memiliki 178 orang dokter, jumlah tersebut meningkat sebanyak 9 orang bila dibandingkan dengan 2017.

 “Kami akan melakukan penjemutan tenaga kesehatan dari nusantara sehat di Jakarta dengan harapan seluruh puskesmas yang ada di Kalimantan Tengah nantinya sudah memiliki dokter,” tandas Suyuti. (AGUS/B-3/Adv)

Berita Terbaru