Aplikasi Pilkada Berbasis Web & Mobile Apps

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jumlah Pasien Kelas 3 Gratis di RSUD dr Doris Sylvanus Tembus Ribuan Orang

  • 21 Mei 2019 - 23:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran rutin mengatakan, jangan sampai ada masyarakat Kalteng tidak bisa berobat.

Untuk mendukung pernyataannya tersebut, Gubernur mencanangkan program berobat gratis untuk pasien kelas 3 di RSUD dr Doris Sylvanus, Palangka Raya. Hal itu ternyata berdampak signifikan terhadap jumlah pasien.

Dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD), Publikasi Media Pencapaian Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Selama 3 Tahun di Aula Bapeddalitbang, Selasa, 21 Mei 2019, Wakil Direktur RSUD dr Doris, Theodorus S Atmadja mengatakan, setiap tahunnya lebih dari 100 orang berobat dengan progam Gubernur tersebut.

“Program ini sebagai salah satu komitmen dari Bapak Gubernur agar masyarakat Kalimantan Tengah mendapatkan hak untuk memperoleh pelayanan kesehatan di rumah sakit,” ujar Theodorus. 

Dari data yang dia beberkan, setidaknya di tahun 2016, total ada 2.345 pasien kelas 3 yang berobat, dengan jumlah pasien rawat jalan 342 orang dan rawat inap 1.422 orang. Untuk pasien yang dirawat melalui Instalasi Gawat Darurat (IGD) ada 581 orang.

Pada 2017 terjadi penurunan jumlah pasien. Yang mana pasien rawat jalan ada 138 orang, rawat inap 855 orang, dan pasien IGD 507 orang. Jadi total 1.500 pasien.

Kemudian pada 2018, jumlah pasien yang dirawat di RSUD Doris Sylvanus dengan program kelas 3 gratis kembali mengalami pernurunan, dengan total 1.221 orang. Terbagi menjadi 229 pasien rawat jalan, 617 pasien rawat inap, dan 375 pasien yang dirawat di IGD.

“Meski terjadi penurunan, bisa dilihat jika penurunan tersebut tidak drastis. Ini menunjukkan jika RSUD Doris Sylvanus masih diterima di masyarakat,” ucapnya. (AGUS/B-3/Adv)

Catatan Redaksi:

Liputan khusus terkait tiga tahun kepemimpinan Gubernur Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Habib H. Said Ismail ini bisa dibaca pada edisi khusus Skh. Plalangka Post edisi  23 Mei 2019.

Berita Terbaru