Angka Partispasi Kasar Pendidikan Kalteng Meningkat Selama 3 Tahun Terakhir

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 22 Mei 2019 - 12:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Capaian perkembangan Angka Partispasi Kasar (APK) pendidikan di Provinsi Kalimantan Tengah terus mengalami peningkatan selama tiga tahun terakhir.  

Peningkatan ini terkuak saat Fokus Group Discussion (FGD) Dinas Kominfosantik Kalimantan Tengah di Aula Bapeddalitbang Kalimantan Tengah, Selasa, 21 Mei 2019.

Data paparan Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah menunjukan tren kenaikan 7 persen sampai 5 persen disetiap tahunnya selama tiga tahun terakhir.

Tercatat mulai dari tahun ajaran 2016/2017, dimana saat itu angka APK untuk sekoilah menengah atas sederajat berada diangka 80,23 persen.

Kemudian setelah itu, pada tahun ajaran 2017/2018 angka ini kembali meningkat sebesar 7.86 persen. Menjadikan persentase APK tahun tersebut berada diangka 87,91 persen.

Setelah itu data terakhir di tahun ajaran 2018/2019 APK pendidikan SMA sederajat Kalimantan Tengah  menguat 4.47 persen. APK pendidikan menyentuh angka 92,38 persen.

“Secara garis besar memang terus mengalami peningkatan,” sebut Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah, Slamet Winaryo dalam paparannya.

Perlu diketahui Angka Partisipasi Kasar (APK) menunjukan partisipasi penduduk yang sedang mengenyam pendidikan sesuai dengan jenjang pendidikannya. 

Angka ini merupakan persentase jumlah penduduk yang sedang bersekolah pada suatu jenjang pendidikan (berapapun usianya) terhadap jumlah penduduk usia sekolah yang sesuai dengan jenjang pendidikan tersebut. (HERMAWAN DP/B-5/Adv)

Catatan Redaksi:

Liputan khusus terkait tiga tahun kepemimpinan Gubernur Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Habib H. Said Ismail ini bisa dibaca pada edisi khusus Skh. Plalangka Post edisi  23 Mei 2019.

Berita Terbaru