Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pakpak Bharat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angka Partisipasi Murni Pendidikan Kalteng Ikut Naik Mengikuti APK

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 22 Mei 2019 - 12:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Capaian perkembangan Angka Partisipasi Murni (APM) pendidikan di Provinsi Kalimantan Tengah ikut mengalami peningkatan sejalan dengan Angka Partisipasi Kasar (APK) selama tiga tahun terakhir ini.  

Walaupun peningkatan APM yang terjadi tidak sampai signifikan seperti halnya APK pendidikan SMA / SMK / SLB sederajat di Kalimantan Tengah.

“APM juga ikut mengalami peningkatan selama tiga tahun terakhir sama halnya dengan APK,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah dalam kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) Dinas Kominfosantik Kalimantan Tengah di Aula Bapeddalitbang Kalimantan Tengah, Selasa, 21 Mei 2019.

Data Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah menunjukan pada tahun ajaran 2016 / 2017, APM Kalimantan Tengah berada di angka 77,53 %.

Kemudian setelah itu, pada tahun ajaran 2017/2018 angka ini kembali meningkat sebesar 0.01 %, menjadikan persentase APM pada tahun tersebut berada di angka 77,54 %.

Setelah itu data terakhir di tahun ajaran 2018 / 2019 APM pendidikan SMA sederajat Kalimantan Tengah menguat 0.02 %, menyentuh angka 77,56 %.

Perlu diketahui APM adalah persentase jumlah anak pada kelompok usia sekolah tertentu yang sedang bersekolah pada jenjang pendidikan yang sesuai dengan usianya. Data ini dibandingkan terhadap jumlah seluruh anak pada kelompok usia sekolah yang bersangkutan.

Jika dibandingkan dengan APK, APM ini lebih mengukur proporsi anak yang bersekolah tepat waktu. Berbeda dengan APK yang digunakan untuk mengetahui seberapa banyak penduduk usia sekolah yang sudah dapat memanfaatkan fasilitas pendidikan, berapapun usianya. (HERMAWAN DP/B-2/Adv)

Catatan Redaksi:

Liputan khusus terkait tiga tahun kepemimpinan Gubernur Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Habib H. Said Ismail ini bisa dibaca pada edisi khusus Skh. Plalangka Post edisi  23 Mei 2019.

Berita Terbaru