Tunjangan Hari Raya Aparatur Sipil Negara Cair Sebelum 24 Mei

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 22 Mei 2019 - 15:12 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kalimantan Tengah, Nuryakin menegaskan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib dicairkan paling lambat Jumat, 24 Mei 2019.

Hal itu berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 dan 36 tahun 2019 tentang pemberian THR dan gaji ke-13. Memang, sebelum direvisi PP tersebut, pembayarannya diatur melalui Peraturan Daerah (Perda).

”Tapi tidak lama kemendagri melakukan rapat koordinasi terkait PP tersebut, untuk menyempurnakan pembayaran THR di daerah baik tingkat provinsi maupuan kabupaten/kota. Karena seperti diketahui membuat perda itu bertahap, sehingga jika dilakukan itu maka kemungkinan pembayaran setelah Hari Raya,” kata Nuryakin, Rabu, 22 Mei 2019.

Hasilnya, setelah dilakukan penyempurnaan target pembayaran THR ini tetap pada 24 Mei, namun tidak lagi menggunakan Perda. Pembayaran THR diputuskan menggunakan Peraturan Kepala Daerah (Perkada). 

Sehingga, pemerintah kota dan kabupaten hanya perlu membuat peraturan wali kota dan peraturan bupati serta peraturan gubernur untuk pemerintah provinsi.

“Kebijakan ini dari Kemendagri bagus dan bisa menekan keresahan terkait pencairan THR ini,” kata Nuryakin. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru