Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Armada Transportasi Air untuk Mudik Lebaran Harus Siapkan Pelampung

  • Oleh Reno
  • 22 Mei 2019 - 21:12 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Peristiwa kelotok terbalik di Sungai Seruyan, Kabupaten Seruyan, beberapa waktu lalu, diharapkan menjadi pembelajaran bagi masyarakat. Terlebih kelotok yang digunakan tidak memiliki alat bantu atau pelampung keselamatan.

Untuk itu, menyambut arus mudik Lebaran 1440 Hijriah, Kasat Polair Polres Seruyan Iptu Afif Hasan meminta masyarakat, khsususnya pemilik kelotok, agar menyediakan alat bantu keselamatan transportasi air berupa pelampung atau perahu cadangan.

Pelampung yang disiapkan bisa terbuat dari bekas ban dalam mobil, jiriken kosong, atau baju pelampung.

"Alat bantu pelampung sangat penting. Apalagi kejadian terbaliknya kelotok beberapa waktu lalu di Sungai Seruyan, mereka tidak memiliki pelampung. Beruntung ketika itu kita selalu sigap untuk membantu korban. Sehingga dapat selamat semua," ungkap Afif mewakili Kapolres Seruyan.

Ia juga meminta masyarakat tidak menyepelekan alat keselamatan, apalagi kasus kecelakaan di sungai tidak pernah ada yang mengetahui. "Tentu kita lebih baik mengantisipasi, semua kita berharap baik-baik saja," ujar Afif lagi.

Mantan Kapolsek Kota Besi itu turut meminta para motoris lebih teliti dan memeriksa terlebih dulu kondisi keloktok sebelum bertolak ke tujuan. "Pastikan kelotok atau yang digunakan tidak bocor, aman, dan jangan melebihi muatan karena sangat membahayakan," tegas Afif. (RENO/B-3)

Berita Terbaru