Tersangka Pengadaan Tanah di Desa Sebabi Berencana Ajukan Praperadilan

  • Oleh Naco
  • 22 Mei 2019 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Radian selaku kuasa hukum tersangka kasus pengadaan tanah di Desa Sebabi, Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur, menegaskan bahwa kliennya, Basuki Purwadono (pejabat appraisal pada Toto Suharto dan rekan) akan mengambil upaya hukum.

"Kita akan melakukan upaya praperadilan. Kita ikuti dan siapkan pembelaan untuknya (Basuki Purwadono)," kata Radian seusai mendampingi tersangka menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Negeri Kotim, Rabu, 22 Mei 2019.

Selain praperadilan, lanjut Radian, pihaknya juga mengajukan penangguhan penahanan. Bahkan surat penanggugan itu sudah diserahkan ke Kejari Kotawaringin Timur.

"Kita berharap penangguhan yang kami ajukan dikabulkan, apalagi ini dekat Lebaran," tegasnya.

Sementara itu, ketua tim penyidik kasus itu, Andi Trio Wijaya, mengatakan  semua yang mereka lakukan dalam menangani kasus ini hingga penetapan tersangka sudah sesuai prosedur.

"Jika mereka mau praperadilan kami siap menghadapi," kata Kasi Datu itu disampingi Kasi Pidana Khusus Kejari Kotim Agung Hari Indra Yudatama.

Basuki Purwadono atau BP merupakan pejabat appraisal pengadaan tanah di Desa Sebabi, Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur, dengan luas sekitar 5 hektare. (NACO/B-3)

Berita Terbaru