Masyarakat Harus Selektif Pilih Makanan

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 22 Mei 2019 - 22:36 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Selama bulan puasa, khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri, akan ada banyak pilihan makanan dan jajanan yang diperjualbelikan.

Menyikapi hal itu, masyarakat Kabupaten Barito Timur diimbau selektif dalam memilih makananan yang akan dikonsumsi.

Kepala Dinas Kesehatan Barito Timur Simon Biring mengatakan, warga harus lebih teliti dan selektif membeli jajanan untuk berbuka puasa serta menyetok makanan untuk Hari Raya.

"Ini untuk menghindari makanan kedaluwarsa yang dapat mengganggu kesehatan," ujar Simon, Rabu, 22 Mei 2019.

Dinas Kesehatan juga akan menurunkan petugas ke lapangan untuk mengecek kondisi jajanan puasa maupun makanan untuk Hari Raya. Guna memastikan makanan itu layak dikonsumsi.

"Konsumen harus mengantisipasi ada jajanan yang mengandung zat berbahaya, bahan pengawet, maupun zat pewarna yang berlebihan," katanya.

Ia juga mengingatkan para pembeli agar tidak lupa mengecek kemungkinan jajanan kedaluwarsa atau sudah basi, sehingga tidak layak dikonsumsi.

"Sekali lagi mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati membeli makanan dan minuman berbuka puasa, terutama untuk warna mencolok. Karena biasanya mengandung zat pewarna," tuturnya.

Para pedagang turut pula diimbau jangan asal menjual makanan. Apalagi sampai menjual makanan kadaluwarsa kepada pembeli.

"Para pedagang harus utamakan kualitas  jangan hanya mengejar untung," pungkas Simon. (PRASOJO/B-3)

Berita Terbaru