Peningkatan Penumpang di Bandara Iskandar Diprediksi Terjadi H - 7 Lebaran

  • Oleh Wahyu Krida
  • 23 Mei 2019 - 09:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Diprediksi H - 7 hingga H + 1 Lebaran, terjadi kenaikan jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi udara melalui Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Iskandar Pangkalan Bun, Zuber, Kamis, 23 Mei 2019 menjelaskan hal tersebut terjadi lantaran ada beberapa maskapai yang melakukan extra flight atau tambahan jadwal penerbangan.  

"Maskapai yang melakukan extra flight adalah Trigana Air dan Trans Nusa. Sedangkan untuk Nam Air sejak awal Mei melakukan penerbangan dua kali dalam sehari untuk tujuan Semarang merupakan penerbangan biasa. Karena jadwalnya dua kali terbang untuk jurusan Semarang,” jelasnya.

Walau demikian, lanjutnya, hingga pertengahan ramadan ini jumlah penumpang di Bandara Iskandar masih normal.

"Bila ada kenaikan penumpang, jumlahnya masih belum terlalu signifikan. Jumlah penumpang masih sekitar 1200 orang setiap hari," jelas Zuber.

Tetapi menurut Zuber junlah penumpang yang berangkat pada hari-hari  mendekati lebaran jumlahnya meningkat hingga sekitar 1800 orang.

"Diprediksi persentase peningkatan penumpang dalam arus mudik lebaran tahun ini sekitar 40 %, baik penumpng yang datang maupun pergi dari Bandara Iskandar," jelas Zuber.(WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru