Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Persiapan Festival Keriang Keriut Sudah 80 Persen

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 23 Mei 2019 - 11:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kelurahan Mendawai selaku tuan rumah tengah melakukan berbagai persiapan pelaksanaan Festival Keriang Keriut yang akan dilaksanakan pada 25 Mei 2019.

Lurah Mendawai Muhammad Zulhadi mengatakan, berdasarkan hasil rapat, persiapannya sudah 80 persen, tinggal beberapa hal yang perlu disiapkan.

"Baru kemarin kita rapatkan dengan dengan panitia masih ada beberapa yang belum selesai, tinggal sedikit saja," ujarnya kepada Borneonews di ruang kerjannya, Kamis, 23 Mei 2019.

Dia menjelaskan, kegiatan ini ditangani langsung oleh kabupaten, dalam hal ini yang menjadi ketua panitiannya dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kobar. "Kami yang dari kelurahan ini hanya sebagai seksi - seksi saja," jelasnya.

Festival Keriang Keriut merupakan tradisi atau budaya asli masyarakat Kotawaringin Barat. Keriang Keriut merupakan alat penerang pada zaman dahulu dengan menggunakan kelapa muda dan getah kayu. Jadi itu bukan Obor, kalau obor pakai bambu ini pakai kelapa muda.


"Jadi sejarahnya dulu sebelum ada listrik, sehingga kemesjid pakai Keriang Keriut. keriang keriut itu kelapa muda di belah menjadi dua dikasih tongkat atau tiang kemudian didalamnya dikasih damar sama getah pantung, jelutung sebagai alat pembakarnya," ujarnya.

Festival keriang keriut nantinya akan dilaksanakan selama 5 hari, dengan diikuti oleh seluruh masyarakat dari kelurahan Mendawai, Kelurahan Raja, Kelurahan Baru, Kelurahan Mendawai Seberang dan Kelurahan Raja Seberang.

"Seluruh masyarakat bantaran sungai nanti akan ikut merayakan festival Keriang Keriut," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru