Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab dan Loka POM Kotawaringin Barat Temukan Makanan Hampir Kedaluwarsa

  • Oleh Wahyu Krida
  • 23 Mei 2019 - 14:02 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tim dari Pemkab Kotawaringin Barat dan Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) produk makanan yang nyaris kedaluwarsa dalam kemasan parsel saat mengecek ke beberapa swalayan yaitu Bali Indah, Borneo Pasanah dan Hypermart, Kamis, 23 Mei 2019.

Plh Loka POM Kobar Mei Indarti menjelaskan atas temuan tersebut, pengelola swalayan diminta untuk menyingkirkan produk makanan itu dan menggantinya dengan yang tenggat waktu kedaluwarsanya lebih lama.

"Hal tersebut disampaikan oleh Pak Wabup Ahmadi Riansyah secara langsung pada manager swalayan. Karena untuk produk makanan yang dikemas dalam parsel, biasanya setelah diterima tidak langsung dikonsumsi," jelas Mei.

Menurut Mei, bila tenggat waktu kedaluwarsanya sangat dekat, artinya produk makanan tersebut kemungkinan tidak bisa dikonsumsi. "Secara umum berdasarkan pengecekan di tiga swalayan tadi, tidak ditemukan produk yang kedaluwarsa," jelas Mei.

Ia menjelaskan, kegiatan semacam ini merupakan tugas rutin pihaknya dan bukan hanya saat Ramadan dan jelang Lebaran saja.

"Namun dari beberapa kali pengecekan yang kami lakukan sebelumnya ke berbagai toko dan pasar, memang masih ada toko yang menjual produk makanan yang kedaluwarsa. Atas temuan tersebut, kami minta agar barang tersebut segera disingkirkan dari rak jualan," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru