Lahan Bermasalah, Rumah Sakit Telawang Batal Dibangun

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 23 Mei 2019 - 19:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Rencana pembangunan rumah sakit di Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) terancam batal dibangun. Penyebabnya lahan yang akan digunakan untuk membangun bermasalah secara hukum.

"Sementara kami batalkan dulu pembangunannya, karena lahan yang akan digunakan bermasalah," ujar Sekda Kotim, Halikinnor, Kamis, 23 Mei 2019.

Sementara ini transaksi untuk pembelian alahan yang dibatalkan. Pemerintah daerah tidak ingin mengambil resiko, karena lahan sedang penanganan Kejaksaan Negeri Kabupaten Kotawaringin Timur.

Pengadaan lahan yang luasnya mencapai 5 hektare ini sebelumnya sudah dibayar oleh pemerintah daerah sebesar Rp3,5 miliar dari total Rp13,5 miliar kepada penjual lahan. Dengan adanya permasalahan hukum, sehingga uang yang telah dibayarkan ditarik kembali.

"Kami akan memprogamkan kembali pembangunan rumah sakit dan akan lebih berhati-hati lagi dalam oembelian lahan dengan memastikan semuanya berjalan aman tanpa ada tersandung hukum," terangnya.

Sementara itu Kejari Kotim menahan seorang tersangka terkait dengan pengadaan tanah pemerintah. Tersangka berinisial BP yang merupakan pejabat appraisal Toto Suharto dan rekan. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru