Pembentukan Badan Usaha Milik Desa Harus Perhatikan Potensi

  • Oleh Magang 1
  • 23 Mei 2019 - 20:30 WIB

BONEONEWS, Kuala Kurun – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Gunung Mas Yulius Agau, mengingatkan pemerintah desa agar memperhatikan potensi yang ada dalam mendirikan badan usaha milik desa (BUMDes).

“Saya terus mendorong pembentukan BUMDes di setiap desa. Hal yang harus diperhatikan, pembentukan BUMDes harus didasari kesadaran masyarakat dalam melihat peluang usaha yang ada di wilayah masing-masing,” ujar Yulius, Kamis, 23 Mei 2019.

Dia mengatakan, pembentukan BUMDes sangat bagus jika benar-benar dikelola dengan baik. Karenanya, pembentukan BUMDes harus didasari kesadaran seluruh pihak terhadap peluang yang ada di wilayah masing-masing.

Yang tidak kalah penting, lanjut dia, pemerintah desa harus selektif dalam memilih pengurus BUMDes. Mereka yang dipilih sebagai pengurus harus benar-benar memiliki jiwa wirausaha.

Sejauh ini, dari 114 desa yang ada di Kabupaten Gumas, baru 35 desa yang memiliki BUMDes. Ke-35 BUMDes itu tersebar di berbagai kecamatan.

“Saya harap desa yang maju namun belum memiliki BUMDes nantinya dapat memiliki BUMDes. Tentunya harus disesuaikan dengan potensi yang ada di desa masing-masing,” pungkasnya. (MAGANG 1/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru