Jembatan Penghubung Kecamatan Menthobi Raya-Bulik Timur Ambruk

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 23 Mei 2019 - 20:38 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Jembatan penghubung antardesa di Kecamatan Menthobi Raya menuju Kecamatan Bulik Timur ambruk pada Kamis, 23 Mei 2019 pagi.

Akibat ambruknya jembatan itu, jalan penghubung Kecamatan Menthobi Raya dan Kecamatan Bulik Timur masih ditutup hingga malam ini.

Masyarakat Kecamatan Menthobi Raya yang hendak bepergian ke Kecamatan Bulik Timur atau sebaliknya terpaksa memutar menggunakan jalur alternatif. 

"Jembatan Botuk dari arah desa Melata (Kecamatan Menthobi Raya) menuju Desa Merambang (Kecamatan Bulik Timur) ambruk sekitar pukul 07.00 WIB. Kondisi jembatan runtuh total dan tidak bisa dilewati," ungkap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamandau Tiryan Kuderon. 

Deron menyebut, masyarakat dan karyawan perusahaan yang akan menuju desa atau Kecamatan Bulik Timur atau sebaliknya harus memutar lewat Km 18 Beruta (Desa Bukit Jaya) atau melewati Desa Batu Ampar.

Ambruknya jembatan tersebut diduga akibat rapuhnya pondasi di sisi kanan dan kirinya. Terlebih, jembatan dengan panjang sekitar 40 meter dan lebar 9 meter itu hanya berkonstruksi kayu log. 

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ambruknya jembatan itu. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sementara waktu jembatan ditutup," ujarnya.

Pihak Kecamatan Menthobi Raya telah berkoordinasi dengan perusahaan agar secepatnya memperbaiki jembatan.(HENDI NURFALAH/B-3)

Berita Terbaru