Jumlah Penerima Program Keluarga Harapan Dinas Sosial Kalteng Terus Meningkat

  • Oleh Agus Priyono
  • 23 Mei 2019 - 20:48 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Jumlah kepala keluarga (KK) yang menerima Program Keluarga Harapan (PKH) dari Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah terus mengalami peningkatan. Data tersebut terangkum sejak 2016 hingga 2019.

PKH merupakan program pemberian bantuan sosial  bersyarat kepada keluarga dan atau penduduk miskin dan rentan yang terdaftar dalam data terpadu program penangangan fakir miskin diolah oleh Pusdatin kesos  dan ditetapkan sebagai KPM PKH (Permensos No 1/2018 tentang PKH).

Kepala Dinsos Provinsi Kalimantan Tengah Suhaemi mengatakan, pada 2016 jumlah penerima PKH di Kalteng sebanyak  31 ribu KK. Sedangakan di 2019 terjadi peningkatan menjadi 48.180 KK.

“Dalam kurun waktu tersebut, jumlah total penerima PKH se-Kalteng dari Dinsos Provinsi adalah 17.180 KK,” ujar Suhaemi dalam Focus Group Discussion (FGD), Publikasi Media Pencapaian Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah selama 3 Tahun di Aula Bapeddalitbang, Selasa, 21 Mei 2019.

Ia menambahkan, syarat kepesertaan PKH terbagi menjadi tiga komponen. Ketiga komponen tersebut yakni kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial.

“Untuk kesehatan ada ibu hamil, ada anak usia di bawah 6 tahun, untuk pendidikan tentunya dari SD, DMP, hingga SMA. Sedangkan kesejahteraan sosial di antarnya ada lansia di atas 60 tahun,’ pungkasnya. (AGUS/ADV/B-3)

Berita Terbaru