Berikut Indeks Penerima Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan di Kalteng pada 2019

  • Oleh Agus Priyono
  • 23 Mei 2019 - 21:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dalam FGD Publikasi Media di Aula Bapeddalitbang yang diikuti perwakilan setiap instansi di lingkup Pemprov Kalteng, Selasa, 21 Mei 2019, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah Suhaemi membeberkan indeks bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) pada 2019.

Bantuan sosial yang diberikan ada berupa tetap bagi setiap keluarga, yang terbagi menjadi 2 katergori yakni PKH reguler dan OKH akses. Untuk PKH reguler mendapat bantuan sosial per pekuarga per tahun sebesar Rp550 ribu. sedangkan untuk PKH akses mendapat bantuan per keluarga per tahun sebesar Rp1 juta.

“Untuk bantuan sosial baik PKH reguler maupun PKH akses, itu diberikan hanya pada tahap pertama,” ujar Suhaemi.

Bantuan sosial lainnya ada juga dalam bentuk bantuan komponen setiap jiwa. Dalam komponen jiwa ini dihitung di dalam satu keluarga ada berapa jiwa yang masuk dalam syarat kepesertaan atau komponen PKH.

Untuk komponen kesehatan di antaranya ibu hamil akan mendapat bantuan sosial sebesar Rp2,4 juta dan anak usia dini mendapat Rp 2,4 juta.

Komponen pendidikan mulai dari sekolah dasar (SD), mendapat bantuan sosial sebesar Rp900, SMP Rp1,5 juta, dan SMA Rp 2 juta.

Untuk komponen kesejahteraan sosial, bagi penyandang disabilitas berat mendapat bantuan sosial sebesar Rp2,4 juta, dan untuk lansia juga mendapat Rp 2,4 juta.

“Untuk bantuan komponen setiap jiwa ini maksimal akan deberikan kepada empat orang dalam satu KK,” tuturnya. (AGUS/B-3/Adv)

Berita Terbaru