Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Demak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Usulan Transmigrasi Pugar di Seruyan Direspons Pemerintah Pusat

  • Oleh Reno
  • 23 Mei 2019 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Keinginan masyarakat Desa Sungai Perlu, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, agar ada program transmigrasi di daerah mereka tampaknya bakal terwujud. Pasalnya, sudah ada respons positif dari Kementerian Transmigrasi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Seruyan Wiktor T Nyarang menyampaikan, pihaknya sudah mengusulkan transmigrasi di Desa Sungai Perlu pada tahun ini.

"Sekarang kita diminta menyiapkan syarat pendukung agar kawasan di Sungai Perlu jadi transmigrasi pugar. Ini asalnya atas usul masyarakat di sana. Diketahui oleh kepala desa dan camat lalu disampaikan kepada bupati. Selamjutnya diusulkan ke Kementerian Transmigrasi," jelas Wiktor, Kamis 23 Mei 2019.

Alasan perlunya program transmigrasi di Desa Sungai Perlu karena penduduknya masih sedikit. Sedangkan lahan yang tersedia sangat luas.   Masyarakat lokal juga ingin belajar cara berkebun dan budidaya ikan karena di sana desa pesisir.

"Ada bebeapa tahapan yang sudah kita usulkan ke Bupati. Usulan ini sudah ada respons baik, kemungkinan besar pada 2020 sudah mulai dianggarkan di Kementerian," jelasnya.

Untuk tahun ini, tahapan awal seperti identifikasi potensi kawasan dari Kementerian PDT dan tranmigrasi. "Setelah dialog publik baru diekspose, itu langsung dari pihak Kementerian," tuturnya. (RENO/B-3)

Berita Terbaru