KM Kelimutu Angkut 1.425 Penumpang Tujuan Semarang di Pelabuhan Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 Mei 2019 - 08:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Memasuki H-12 hari raya Idulfitri 1440 Hijriyah, arus mudik di Pelabuhan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) terus meningkat, bahkan hampir memenuhi kapasitas kapal. 

Seperti uang yang terjadi pada Jumat, 24 Mei 2019. KM Kelimutu tujuan Semarang mengangkut 1.425 penumpang. Sedangkan kapasitas kapal 1.600 orang. 

"Penumpang KM Kelimutu hampir memenuhi kapasitas yang ada," ujar Kepala PT Pelni Sampit Agus Suprijatno di sela mengatur arus mudik lebaran. 

Jumlah penumpang tersebut merupakan yang paling tinggi dibandingkan keberangkatan kapal baik itu memasuki H-15 arus mudik ataupun sejak awal Ramadan. Sehingga pemudik di Pelabuhan Sampit ini meningkat signifikan. 

Meskipun penumpang yang berangkat mencapai 1.425 orang namun embarkasi tidak terlalu berdesakan. Karena petugas melakukan sistem buka tutup sehingga calon penumpang bisa masuk kapal secara bergantian.

Apalagi, para penumpang sudah mendapatkan nomor tempat tidur, sehingga tidak khawatir tidak kebagian tempat saat di dalam kapal. 

PT Pelni memprediksi akan ada peningkatan penumpang yang lebih banyak beberapa hari kedepan.  

"Kalau peningkatan penumpang pasti adalah, mungkin nanti akan memenuhi kapasitas. Apalagi jelang hari H atau banhkan H-5 lebaran," kata Agus. 

Pelni yakin pihaknya bisa melayani pemudik dan terangkut semua untuk pulang ke kampung halaman. Apalagi saat ini tidak hanya PT Pelni yang melayani pemudik tujuan Surabaya dan Semarang, namun juga PT Dharma Lautan Utama dan juga Fajar Bahari Nusantara tujuan Jakarta. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru