Pendirian Perusahaan Daerah di Kotawaringin Timur Jangan Hanya Wacana

  • Oleh Naco
  • 24 Mei 2019 - 14:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur HM Jhon Krisli  menyambut baik rencana pemerintah daerah untuk mendirikan perusahaan daerah. Namun dia ingin hal itu tak hanya sekedar wacana.

Apalagi, menurutnya, ketergantungan Kotawaringin Timur terhadap sektor perkebunan besar harus bisa diatasi. Pemerintah harus membangun perekonomian masyarakat dari bawah, salah satunya dengan membentuk dan mendirikan badan usaha ataupun perusahaan daerah.

"Perusahaan daerah ini bisa saja bergerak dalam pengolahan buah kelapa sawit, pengolahan rotan, karet dan sebagainya," kata Jhon Krisli, Jumat, 24 Mei 2019.

Sehingga, ke depan sektor ekonomi masyarakat tidak lagi banyak bergantung dengan perkebunan. Selama ini terjadi akibat pemerintah tidak pernah berinovasi mengembangkan perusahaan daerah.

"Padahal perusahaan daerah ini akan memberikan angin segar pada petani kita kelas bawah yang berusaha baik di sektor karet, rotan, dan kelapa sawit," tegas Jhon.

Selama ini, petani karet dan rotan hanya bergantung kepada salah satu pabrik pengolahan di Kotim. Sehingga harga itu tidak ada persaingan. Petani terpaksa menjual karena tidak ada pilihan lagi.

"Coba kalau ada perusahaan daerah. Saya menyakini di situ akan tejadi persaingan pasar, harga akan bervarisasi, petani diuntungkan dan perusahaan daerah juga tidak merugi," tandasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru