Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banyuwangi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rumah Setral Produksi Pengolahan Ikan Seruyan di Desa Sungai Udang

  • Oleh Reno
  • 24 Mei 2019 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang -  Saat ini Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Seruyan sedang menyiapkan rumah sentral produksi pengolahan Ikan dan pakan ikan di Sungai Udang.

Bahkan dari dana yang diusulkan sebesar RP 85 miliar itu telah disetujui oleh pemerintah pusat sebesar Rp 40 Miliar.

Proyek sebesar itu sudah berjalan dan nantinya diharapakan bisa lebih efektif dan praktis jika dibanding dilakukan dengan tempat-tempat dan cara-cara tradisional oleh masyarakat.

"Tahun ini rumah produksi ikan, tahun depan kita rekrut pelaku usaha menempati tempat yang disiapkan itu. Sehingga tidak ada lagi kedepannya masyarakat kita asal tempat penjemuran ikan hingga pada pengolahanya," kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Seruyan, Laosma, Kamis 23 Mei 2018.

Sejauh ini masyarakat hanya bisa melakukan pengolahan hasil ikan dengan cara-cara sederhana dan peralatan seadanya.

"Sekarang semuanya tersedia secara modernya. Misalnya hari biasa masyarakat bisa mengolah kerupukuk per hari 100 kil ogram, nah disana bisa membuat dengan 200 kilo gram karena di dukung peralatan dan fasilitas yang memadai," jelasnya.

Ke depannya mereka akan diskusikan dalam hal pengelolaannya, termasuk melibatkan perusahaan daerah, sehingga terfokus dan termanajemen dengan baik.

"Kami hanya sebatas menyiapkan pasilitasnya, eksekuainya nanti mungkin perusahaan daerah yang ditunjuk dalam pengelolaan," tandasnya. (RENO/B-6)

Berita Terbaru