Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kolaborasi Perusahaan dan Media Diharapkan Mampu Tangkal Kampanye Hitam Sawit

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 24 Mei 2019 - 20:26 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Kampanye hitam terhadap bisnis kelapa sawit di Indonesia dinilai masih gencar dilakukan pihak tidak bertanggung jawab.

Karenanya perang dagang terhadap minyak sawit asal indonesia dinilai cukup berpengaruh terhadap perekenomian daerah produsen. Seperti halnya Kabupaten Lamandau yang mengandalkan pertanian dan perkebunan kelapa sawit sebagai komoditas unggulan. 

Menyikapi hal ini, Komisaris PT Khatulistiwa Sinergi Omnidaya (KSO) Angkoso Wibowo, berharap media dan perushaan perkebunan kelapa sawit dapat bekerja sama dan berkolaborasi dalam menangkal isu negatif tentang komoditi tersebut.

"Kita tidak bisa mengelak dari gencarnya kampanye hitam sawit Indonesia yang diserukan NGO (non governmnet organization) asing akhir-akhir ini. Jika terus dibiarkan tentu akan sangat berdampak pada perekonomian kita. Karena sawit ini lumbung devisa negara saat ini," kata Angkoso seusai buka puasa bersama dengan anak yatim dan pengurus PWI Lamandau, Selasa, 21 Mei 2019. 

Angkoso menyebut, salah satu cara yang harus dilakukan adalah mengnangkal serangan kampanye hitam tersebut ialah dengan menginformasikan fakta yang ada di lapangan. Baik terkait peningkatan taraf ekonomi bagi masyarakat menggeluti usaha perkebunan kelapa sawit.

"Di sisi lain, perusahaan juga tentu memiliki kewajiban yang harus dipenuhi, baik kepada pemerintah maupun kepada masyarakat, dan kami  berkomitmen untuk memosisikan masyarakat sebagai mitra, dan tidak hanya sebagai mitra bisnis semata," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua PWI Lamandau Hendi Nurfalah menyampaikan permintaan agar perusahaan memiliki komitmen yang jelas terhadap peningkatan kualitas kehidupan masyarakat sekitarnya.

"Sebagaimana yang selalu disampaikan Pemerintah Kabupaten Lamandau, dunia usaha memiliki peranan yang besar untuk turut serta secara maksimal dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat di sekitarnya. Kami berharap, cita-cita tersebut hanya menjadi selogan semata, namun harus betul-betul diaplikasikan," pintanya.

Selain itu, kata Hendi, PWI Lamandau sangat terbuka untuk berkolaborasi dalam rangka mendukung penguatan posisi dan daya tawar dalam menangkal black campign bisnis kelapa sawit dengan menyajikan pemberitaan faktual dan berimbang. (HN/B-3)

Berita Terbaru