Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Meriam Bambu bakal Meriahkan Festival Kriang Kriut

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 24 Mei 2019 - 21:32 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kriang Kriut merupakan festival yang menampilkan budaya khas masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat, khususnya Kota Pangkalan Bun.

Pembukaan festival itu nantinya akan ditandai dengan menyalakan meriam bambu secara bersamaan.

"Nanti waktu pembukaan, yang rencananya dibuka bupati, secara simbolis menyalakan kriang kriut dan meriam bambu," ujar Lurah Mendawai, Kecamatan Arut Selatan, Muhammad Zulhadi, yang masuk dalam kepanitian festival tersebut, Jumat, 24 Mei 2019.

Ia menuturkan, pihaknya masih menyurati pemerintah kabupaten untuk meminta izin agar aksi menyalakan meriam bambu diperbolehkan. Sebab, Pemkab Kobar sebelumnya pernah mengeluarkan imbauan agar tidak menyalakan meriam bambu.

"Ini sedang diusahakan. Semoga diberi izin menyalakan meriam bambu. Selama acara berlangsung saja, supaya festival ini meriah," ujarnya.

Festival Kriang Kriut rencananya dimulai sesudah salat tarawih hingga pukul 22.00. "Sekitar dua jam saja kita meminta izin untuk menghiduplan meriam itu. Karena Kriang Kriut ini juga identik dengan meriam bambunya," ungkap Zulhadi.

Selain menyalakan meriam bambu, Kriang Kriut nantinya diisi dengan tari Kriang Kriut untuk menyambut Bupati. Kalau dulu ada lagu Kriang Kriut, tetapi sekarang sudah tidak ada lagi.

Festival Kriang Kriut direncanakan berlangsung selama lima hari, diikuti masyarakat dari Kelurahan Mendawai, Kelurahan Raja, Kelurahan Baru, Kelurahan Mendawai Seberang, dan Kelurahan Raja Seberang.

"Seluruh masyarakat bantaran sungai nanti akan ikut merayakan Festival Kriang Kriut ini," pungkasnya. (DANANG/B-3)

Berita Terbaru