Ini Rekomendasi Dewan Terhadap Pendidikan di Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 25 Mei 2019 - 13:56 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh -  DPRD Barito Utara  menyampaikan rekomendasi terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Barito Utara tahun anggaran 2018. Rekomendasi ini disampaikan oleh anggota DPRD Barito Utara, Henyy Rosgiaty Rusli.

Banyak rekomendasi yang disampaikan DPRD ke Pemkab Barito Utara, salah satunya adalah bidang pendidikan. Untuk bidang pendidikan ini ada 10 permasalahan. 

“Guru menumpuk di kota, guru indisipliner, rumah dinas guru rusak berat, penempatan guru di semua tingkatan yang tidak merata atau lebih banyak di ibukota Muara Teweh,” kata Henny Rosgiaty Rusli, Sabtu, 25 Mei 2019.

Kemudian, katanya, guru agama di tingkat SD masih banyak yang belum terpenuhi, masih terdapat bangunan gedung sekolah yang mubazir atau tidak ada murid. Pelaksanaan UNBK yang masih dilaksanakan bergantian dan SMK Kandui sampai sekarang muridnya sangat sedikit, pemerataan mutu pendidikan serta pemberian bantuan atau beasiswa.

Pada 10 permasalahan di bidang pendidikan tersebut, DPRD merekomendasikan agar menyebarkan guru-guru SD dan SMP ke desa-desa. Sanksi tegas misalnya penundaan kenaikan pangkat, pembangunan rumah dinas guru bukan lagi rehab.

“Untuk penempatan guru di semua tingkatan, kiranya perlu diadakan mutasi agar penempatan tenaga pengajar lebih merata ke kecamatan atau desa yang memerlukan. Dan kiranya menambah guru kuota formasi guru agama atau mengangkat guru tenaga kontrak,” kata Henny.

Kemudian katanya, mengevaluasi perencanaan pembangunan agar tepat sasaran. Selain itu, pelaksanaan UNBK berbasis komputer, agar sekolah negeri yang khususnya di dalam kota ada alat komputer lengkap agar pelaksanaan UNBK bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Lebih lanjut, Henny mengatakan, terkait dengan bangunan SMK baru di Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang agar pemerintah daerah secepatnya mencarikan solusi agar bisa berjalan sebagaimana mestinya, karena sampai sekarang muridnya sangat sedikit.

“Permasalahan terkait pemerataan mutu pendidikan dan pemberian beasiswa. Hal ini diharapkan memaksimalkan sarana dan prasarana pendidik dan murid yang ada di desa-desa. Dan menyarankan kepada kepala dinas pendidikan agar memberikan bantuan atau beasiswa untuk siswa dan siswi berprestasi yang sudah membawa nama harum Barito Utara ke tingkat nasional maupun internasional.” Kata Henny Rosgiaty Rusli. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru