Pengentasan Kemiskinan Masih Jadi Tugas Pemerintah Daerah

  • Oleh Naco
  • 25 Mei 2019 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Handoyo J Wibowo  menilai persoalan kemiskinan di daerah ini tengah jadi pekerjaan yang tidak kunjung selesai. 

Mestinya, kata Handoyo, tingkat kemiskinan itu harus  seminimal mungkin, apalagi melihat dari kekayaan sumber daya alam yang ada di daerah ini harusnya masyarakat sejahtera.

Ia mengungkapkan, solusi jitu untuk menekan angka kemiskinan ini sangat banyak. Di antaranya dengan gencar melakukan pendidikan untuk peningkatan SDM hingga pembukaan lapangan kerja.

"Seperti warga lokal mesti diberikan kesempatan bekerja sebesar-besarnya. Baik di instansi pemerintahan menjadi tenaga honorer, instansi vertikal maupun di perusahaan swasta.

“Harusnya pemerintah melihat dari  kondisi alam dan sumber daya yang ada kemiskinan itu sangat kecil, harusnya," kata Handoyo, Sabtu, 25 Mei 2019.

Angka kemiskinan itu, kata dia, bisa saja di angka 5 %. Tetapi selama ini mereka melihat itu belum sampai. Namun demikian mereka sangat mengapresiasi tingkat keberhasilan pemerintah daerah dalam kurun 3 tahun terakhir ini mampu menekan angka kemiskinan di saat kondisi ekonomi nasional yang bergejolak.

"Namun jangan puas dengan itu bagaimana di daerah ini angka kemiskinan itu bisa ditekan terus menerus agar tidak selalu jadi tugas berat ke depannya," tandasnya. (NACO/B-2)

Berita Terbaru