Katingan Masih Kekurangan Guru SD dan SMP

  • Oleh Abdul Gofur
  • 25 Mei 2019 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kabupaten Katingan hingga saat ini masih banyak kekurangan tenaga pendidik, baik untuk Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama.

"Kalau berdasarkan data kita, Kabupaten Katingan memang masih banyak kekurangan tenaga guru terutama yang PNS," kata Kepala Dinas Pendiidikan Kabupaten Katingan, M Hasrun, Sabtu, 25 Mei 2019.

Menurut M Hasrun, hasil seleksi CPNS tahun anggaran 2018 di Katingan memang ada penambahan 170 tenaga untuk guru SD dan SMP.

"Tapi kalau dari kebutuhan guru yang riil PNS di Katingan ini, untuk SD kita masih kekurangan 622 guru. Dan untuk SMP masih kekurangan 643 guru," kata M Hasrun.

Meski pemerintah daerah pada tahun anggaran 2018 lalu merekrut tenaga guru melalui seleksi CPNS, akan tetapi formasi yang diberikan pemerintah pusat untuk Katingan masih minim.

Solusi lainnya, pemkab juga merekrut tenaga harian lepas (THL) guru. Kendati pun harus terbatas karena menyesuaikan anggaran daerah.

Terkait itu, tahun ini pihaknya bakal segera mengusulkan kekurangan guru ke pihak Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Katingan untuk diusulkan ke BKN pusat.

"Harapan kami tahun 2019 ini akan ada lagi proses rekrutmen CPNS untuk guru tersebut. Sehingga secara berjenjang, kebutuhan guru di Katingan bisa teratasi," imbuh M Hasrun. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru