Kalimantan Tengah Terus Memantapkan Diri Sebagai Smart Province

  • Oleh Agus Priyono
  • 25 Mei 2019 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Pembangunan Gedung Smart Province (GSP) menjadi salah satu pembuktian Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam memplokamirkan diri sebagai Provinsi Pintar atau Smart Province.

Pembangunan infrasruktur teknologi informasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Kalteng, di Jalan Tjilik Riwut km 3,5 Palangka Raya, saat ini difungsikan untuk Command Center dan Data Center. Sebagian ruangan di dalam nantinya diperuntukan sebagai kantor Dinas Kominfo Provinsi Kalteng.

“Command Center dan Data Center digunakan untuk penyimpanan data, monitoring atau melihat perkembangan kinerja OPD melalui aplikasi dashboard pembangunan Kalteng. Kemudian pemantauan bank data Kalteng, juga 102 CCTV terpusat yang terpasang di beberapa wilayah se-Kalimantan Tengah,” kata Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalteng, Herson B. Aden, Sabtu, 25 Mei 2019.

Deputi Menteri Bidang Politik Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kementerian PPN/Bappenas, Slamet Soedarsono, dalam kunjungannya beberapa waktu lalu ke GSP mengapresiasi Provinsi Kalimantan Tengah telah membuat inovasi tersebut setelah Provinsi Jawa Timur. Hal semacam ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Transparansi merupakan tanggungjawab keterbukaan publik yang dapat dengan mudah diakses, dianalisis, diteliti, dan menjadi upaya mencegah dan diawasi oleh masyarakat secara langsung jika adanya penyimpangan. Bagi pemerintah sendiri ini upaya efektif mencegah karna dia menyadari segala gerak dan tingkah lakunya diawasi, diliat langsung oleh masyarakat,” jelas Slamet.

Selain itu, Diskominfo Provinsi Kalteng juga akan melakukan penambahan sejumlah CCTV di 60 titik Kota Palangka Raya, dengan memanfaatkan jaringan fiber optik untuk menjadikan Ibukota Provinsi Kalteng ini menjadi Smart City. (AGUS/B-11/Adv)

Berita Terbaru