Pasangan Bukan Suami Istri dan 5 Orang Tanpa Identitas Dites HIV/AIDS

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Mei 2019 - 09:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebanyak 6 pasangan di luar nikah atau bukan suami istri dan lima orang tanpa identitas yang terjaring petugas saat melaksanakan razia penyakit masyarakat (pekat) langsung dilakukan tes HIV / AIDS saat berada di markas Satpol PP Kotawaringin Timur.

"Hari ini kami bekerjasama dengan Satpol PP untuk melakukan tes HIV terhadap sejumlah perempuan dan laki-laki yang terjaring dalam razia penyakit masyarakat," ujar Sekretaris Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kotawaringin Timur, Asyikin Arfan, Sabtu, 25 Mei 2019.

Tes HIV/AIDS ini merupakan bentuk dari KPA untuk mengurangi penyebaran penyakit mematikan tersebut. Karena dengan adanya kegiatan tersebut mereka bisa mendeteksi secara dini penyebarannya.

"Kami tidak bisa menyembuhkan penyakit tersebut, namun yang harus dilakukan adalah melakukan pencegahannya," katanya.

Dirinya juga memberikan bimbingan kepada 17 orang yang terjaring, terutama agar mereka menghindari sejumlah prilakun yang bisa menimbulkan penyakit tersebut seperti seks bebas dan beberapa prilaku lainnya.

"Jangan sampai masa muda anda diregut oleh panyakit tersebut, karena dampaknya sangat besar dan bisa menimbulakan kematian," terangnya.

Dia berharap mereka yang terjaring menghindari seks bebas, sehingga bisa terhindar dari penyakit mematikan tersebut. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru