Selama Ini Tidak Ada Dukungan Pemkab Kotawaringin Timur Kepada Petani Karet dan Rotan

  • Oleh Naco
  • 26 Mei 2019 - 10:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Jhon Krisli menyebut selama ini dukungan pemerintah kabupaten (Pemkab) kepada petani karet dan rotan hampir tidak ada sama sekali.

Buktinya sudah bertahun-tahun ini harga komoditas andalan masyarakat tidak pernah stabil. Jika harga itu membaik tidak akan bertahan lama.

"Selama ini petani langsung mengadu ke pemerintah pusat, karena keberpihakan pemerintah daerah membantu mereka tidak pernah dilakukan," katanya.

Seperti karet harga akan stabil menurut Jhon manakala pemerintah daerah melakukan terobosan dengan mendirikan perusahaan milik daerah, sehingga bisa menampung komoditas petani karet.

Selama ini hanya ada 1 perusahaan yang menampung, sehingga harga semau mereka membelinya. Akibatnya petani karet yang mengalami keterpurukan.

Begitu juga dengan rotan harga jauh dari harapan apalagi sejak larangan ekspor oleh pemerintah pusat. Seharusnya pemerintah daerah ikut mendorong dan bersikap bagaimana larangan itu bisa dicabut.

"Selama ini petani berjuang sendiri, tidak ada pilihan lain berapa harga yang ditawarkan pengepul mereka terpaksa menjualnya," tandasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru