Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Siak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Barito Utara Temukan Makanan Kedaluwarsa

  • Oleh Ramadani
  • 26 Mei 2019 - 15:42 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh -  Dinas Kesehatan Barito Utara menemukan makanan kedaluwarsa. Ini diperoleh dari hasil pemeriksaan makanan dan minuman di sejumlah toko yang digelar baru-baru ini. 

Plt Kepala Dinas kesehatan H Siswandoyo mengatakan, untuk memastikan kehegienisan maupun keamanan makanan yang dijual pedagang pada puasa dan Hari Raya Iduolfitri 1 Syawal 1440 Hijriyah pihaknya memeriksa makanan para pedagang di wilayah setempat.

Makanan yang diperiksa seperti kue yang di jual di pasar Ramadan maupun makan instan yang di jual di toko.

“Pengecekan dilakukan terhadap kehegeinisan, bahan- bahan maupun zat-zat pewarna yang digunakan. Hasilnya, zat pewarna masih aman, sedangkan untuk pemanis memang ada namun masih positip 1 yakni di perbolehkan karena sesuai dengan takaran. Sedangkan untuk borak dan formalin tidak di temukan,” ujar Siswandoyo, Minggu, 26 Mei 2019.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga ke tempat produksi makanan dan memberikan  penyuluhan agar dalam pembuatan makanan tidak mengunakan bahan berbahaya yang dapat membahayakan.

“Kita  juga mengecek ke  toko maupun kios polisi,,”ucapnya.

Dari hasil pengecekan tersebut ditemukan makanan kedaluwarsa, seperti susu kental manis, es buah, mi instan, roti, dan makanan kemasan yang sudah rusak namun masih dipasarkan.

“Kita tidak menyita namun makanan yang kedaluwarsa telah dikumpulkan dan akan dikembalikan ke distributor maupun agen,” jelasnya Siswandoyo. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru