Keracunan Selalu Terjadi di Daerah Berbasis Pertanian

  • Oleh Agus Priyono
  • 26 Mei 2019 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kasus keracunan makanan yang menjadi Kejadian Luar Biasa di Kapuas, dilihat ada sesuatu yang menarik. Pasalnya kejadian keracunan makanan tersebut selalu terjadi di daerah yang berbasis pertanian.

Hal ini dungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul, Minggu, 26 Mei 2019.

Suyuti mengatakan, dalam kejadian keracunan yang terjadi di Kapuas tersebut diduga akibat makanan atau bahan makanan yang diolah, tercemar zat kimia, seperti Pestisida maupun Insektisida.

“Ada yang cukup menarik perhatian, dimana ini selalu terjadi di desa berbasis pertanian. Saya menduga ini terjadi karena tercemar dengan zat kimia dalam proses mengolah makanan itu,” ujar Suyuti.

Saat ini pihak Dinkes Provinsi Kalteng sedang berfokus untuk menangani KLB yang terjadi. Namun demikian pihaknya tetap akan memikirkan langkah jangka panjang untuk mencegah hal ini terulanng kembali di masa mendatang.

“Kami dari Dinkes Provinsi sudah mengirim tim kesana dengan membawa obat-obatan untuk perawatan. Kemudian untuk jangka pendek saat ini kami bawa kerumah sakit, kami lakukan infus karena korban muntah dan diare. Mudah-mudahan tdak terjadi hal yang fatal,” tandasnya. (AGUS/B-5)

Berita Terbaru