Korban Keracunan Massal Dirawat di RSUD Kapuas Berangsur Pulih Boleh Pulang

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 Mei 2019 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sebagian korban keracunan massal di Desa Narahan, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas yang dirawat di RSUD dr Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas yang kondisinya sudah berangsur pulih diperbolehkan untuk pulang ke rumahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Apendi melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tri Setia Utami mengatakan, sebagian pasien korban keracunan sudah diperbolehkan pulang.

"Sudah ada yang berangsur membaik, kurang lebih sekitar 80 pasien sudah pulang," ucap Tri kepada wartawan, Minggu, 26 Mei 2019.

Selain itu, pihak Dinkes Kabupaten Kapuas, menurut Tri telah bekerja sesuai standar operasional prosedur dengan melakukan tindakan dan penanganan guna memulihkan korban keracunan.

"Petugas di lapangan terus menyisir dikarenakan jumlah angka korbannya fluktuatif," katanya.

Lebih lanjut, berkaitan dengan penyebab kejadian pihaknya belum bisa menyimpulkan, karena hasil uji sampel makanan yang sudah diambul belum keluar.


"Tapi yang sudah kita kirimkan sampel makanan nasi, telur rebus, bumbu masak merah dan lainnya ke BPOM Palangka Raya," katanya.

Sementara itu, data terakhir dari data Rekam Medik RSUD dr Soemarno Sosroatmodjo pada Minggu, 26 Mei 2019 pukul 09.49 WIB menyebutkan bahwa jumlah keseluruhan korban keracunan massal yang dirujuk ke Rumah Sakit sebanyak 290 orang. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru