H-9 Lebaran 8 Ribu Penumpang Sudah Berangkat dari Pelabuhan Kumai

  • Oleh Wahyu Krida
  • 27 Mei 2019 - 13:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Hingga H-9 Lebaran Idulfitri 1440 Hijriyah, total penumpang yang sudah mudik melalui di Pelabuhan Panglima Utar, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mencapai 8 ribu orang.

Sub Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Pelabuhan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Panglima Utar Kumai Azwar Anas, Senin, 27 Mei 2019 menjelaskan, angka tersebut jumlah sementara yang diangkut melalui 11 kali keberangkatan kapal.

"Hari ini ada 2 kapal yang datang dan berangkat dari Pelabuhan Kumai menuju Surabaya yaitu KM Satya Kencana 3 yang mengangkut penumpang 800 orang dan KM Egon dengan penumpang 700 orang," jelas Anas.

Sehingga dari jumlah tersebut, lanjut Anas, sudah mencapai 33 persen dari target penumpang yang  diprediksi berangkat melalui Pelabuhan Kumai.

"Sedangkan puncak arus mudik diprediksi terjadi H-7 dan H-5 lebaran. Untuk itulah saat ini kita sudah mengantisipasi hal tersebut," jelas Anas.

Terkait kepadatan penumpang di terminal keberangkatan, pihaknyanakan melakukan pembagian tempat tunggu di beberapa lokasi terminal yang ada.

"Pada pelaksanaannya nanti akan dibagi di terminal baru dan terminal sementara yang tahun lalu digunakan untuk ruang tunggu penumpang," jelas Anas. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru