Canangkan Kampung Keluarga Berencana Kejar Ketertinggalan Desa

  • Oleh Reno
  • 27 Mei 2019 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Kampung Keluarga Berencana atau KB di Kabupaten Seruyan sejumlah 6 Desa. Keenam desa tersebut dipilih lantaran dinilai masih tertinggal dan terpencil dari sejumlah desa yang lainnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Seruyan Purwadi mengatakan bahwa di Kabupaten Seruyan terdapat 6 kampung KB yang dicanang oleh Bupati dan Pejabat BKKBN di Palangka Raya, diantaranya Sungai Udang dan Sungai Bakau.

Menurut Purwadi, kampung KB ini merupakan kegiatan prioritas sekarang ini, karena Kampung KB menjadi program unggulan BKKBN.

"Kampung KB ini isinya terintegrasi lintas sektor di tempatkan di desa-desa tertinggal atau desa pinggiran yang ada di bagian hilir, tengah maupun hulu Kabupaten Seruyan," ungkap Purwadi, di Kuala Pembuang, Senin 27 Mei 2019.

Hal tersebut dilakukan supaya desa-desa itu dapat mengejar ketertinggalan dan bisa sejajar dengan desa-deaa yang lainnya. Program yang masuk disitu adalah program lintas sektor, baik program kesehatan, pendidikan, infrastruktur, kependudukan dan catatan sipil serta yang lainnya.

"Misal di desa tersebut ada Puskesmas Pembantu, lalu kita lihat ada tidak tenaganya, bagaimana pasilitasnya. Nah kekurangannya ini akan disampaikan oleh tenaga lapangan lalu disampaikan ke forum lintas sektoral ini untuk mengisi sesuai dengan kebutuhannya melalui dinas terkait," ujarnya.

Sementara laporan yang di sampaikan oleh petugas lapangan akan berjenjang dari Bupati, Gubernur hingga ke Presiden. Sehingga dengan hasil tersebut bisa dievaluasi untuk mengetahui ukuran keberhasilan dari program tersebut. (RENO/B-5)

Berita Terbaru