Korban Keracunan Massal Dirawat di RSUD Kapuas Sebagian Besar Sudah Pulang

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 27 Mei 2019 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sebagian besar korban keracunan massal yang sempat dirawat di RSUD RSUD dr Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas sudah kembali pulang ke rumahnya.

Hal itu disampaikan Direktur RSUD Agus Waluyo menyebutkan tercatat total korban keracunan yang sudah dirujuk sampai dengan pagi tadi sebanyak 296 orang, dan sebagian besar sudah pulang karena berangsur pulih.

"Yang sudah pulang 216 jadi sisanya 80 orang saja di rumah sakit," ungkap Agus Waluyo kepada wartawan pada Senin, 27 Mei 2019 siang.

"Dan pagi tadi sudah diperiksa oleh dokter jaga, kemungkinan dari 80 itu sebanyak 50 bisa dipulangkan, mungkin setelah ini sudah bisa pulang, hingga sisanya hanya tinggal 30 orang," lanjutnya.

Selain itu, pihaknya pun terus mengevaluasi atas kejadian keracunan massal tersebut, sehingga ke depannya akan tidak terulang dan siap dalam hal penanganan.

"Harapan kami berdasarkan hasil evaluasi Kejadian Luar Biasa atau KLB ini kami sudah melakukan rapat lintas instansi bahwa ke depannya nanti untuk menghadapi hal semacam ini akan dibuat SK permanen," katanya.

"Jadi instansi terkait dapat mengatahui apa yang perlu dilakukan jika terjadi hal serupa. Tapi semoga tidak terulang lagi," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru