Pemprov Kalimantan Tengah Siapkan Rp 26 Miliar untuk Kenaikan Gaji Honorer Tahun ini

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 27 Mei 2019 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah memperkirakan dana yang dibutuhkan untuk kenaikan gaji Guru Tidak Tetap (GTT) atau guru honorer membutuhkan anggaran sekitar Rp 26 miliar.

“Jika dihitung hitung kenaikan gaji honorer untuk tiga bulan terakhir di tahun ini membutuhkan anggaran sekitar Rp26 miliar,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah, Slamet Winaryo, Senin, 27 Mei 2019.

Dia mengatakan untuk besaran gaji yang diterima setiap guru honorer yang diinginkan Gubernur Kalimantan Tengah memang sama dengan Upah Minimum Provinsi (UMP). 

“Pimpinan inginnya UMP. Saat ini UMP kami sekitar Rp 2,6 juta lebih. Ini sudah kami ajukan, apakah nantinya dapatnya Ro 2,5 juta atau Rp 2,7 juta nanti kita lihat,” kata Slamet.

Dikatakannya, jumlah GTT atau honorer di Kalimantan Tengah kurang lebih berkisar di angka 2.800 orang. Mencakup guru honorer di SMA/SMK dan SLB yang menjadi tanggungjawab pemerintah provinsi.

“Jumlah guru honorer fluktuatif karena selalu ada sekolah baru yang berdiri, jumlahnya akhirnya juga bertambah. Kisarannya sekitar 2.800 orang,” ucap Slamet. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru