Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Hasil Uji Sampel Makanan Penyebab Keracunan Massal di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 28 Mei 2019 - 13:34 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Penyebab keracunan massal di Desa Narahan, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas kini mulai terungkap. Hari ini hasil uji sampel yang diambil di lokasi kejadian sejumlah makanan yang dikonsumsi warga dalam acara buka puasa bersama itu diketahui sudah diketahui.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kapuas Raison didampingi Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tri Setia Utami mengatakan, setelah adanya kejadian itu pihaknya bergerak mengambil sejumlah sampel yang menjadi perkiraan sumber menular.

Sampel yang diambil di antaranya nasi, telur rebus dengan masak bumbu merahnya, kurma maupun roti- roti gepeng.

"Dari hasil pemeriksaan yang kami percayakan kepada BBTKL Banjarbaru dan BPOM Palangka Raya hasil yang kami dapatkan sementara ini di semua sampel tadi positif salmonella," ungkap Raison, Selasa, 28 Mei 2019.

Lebih lanjut, dikatakannya khususnya di dalam sampel dari telur masak merah itu juga ditemukan bakteri lainnya, yaitu staphylococcus, yang juga diduga kuat sumber penyebab keracunan massal.

"Tetapi bakteri salmonella itu adalah salah satu penyebab mengapa pasien -pasien ini menderita keracunan tersebut dengan gejala - gejala yang khas seperti apa yang ditimbulkan penyebabnya secara pasti kita pastikan itu memang salmonella," ucapnya.

Lebih lanjut, pihaknya pun masih mendalami kejadian tersebut dengan pihak kepolisian untuk memastikan penyebab pastinya bisa munculnya bakteri tersebut. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru