Dinas Kesehatan Kapuas Imbau Warga Mengolah Makanan Hajatan Tetap Higienis

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 28 Mei 2019 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kesehatan Kapuas mengimbau warga yang mengolah makanan dalam acara hajatan atau mengundang orang banyak agar tetap menjaga kebersihan dan higienes dalam prosesnya, sehingga hal - hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

"Harapan kami kepada warga agar kegiatan hajatan dikonfirmasikan dulu kepada tim kesehatan setempat, untuk mengantisipasi," ucap Sekretaris Dinas Kesehatan Kapuas Raison kepada wartawan, Selasa, 28 Mei 2019.

Pernyataan Raison ini tidak lepas dari kasus keracunan massal yang melibatkan ratusan korban akibat makanan.

Untuk itulah pihaknya juga akan meningkatkan lagi  sosialisasi tentang kebersihan lingkungan dan sanitasi kepada masyarakat, agar hal serupa seperti keracunan massal tidal terulang kembali.

"Artinya itu tu penyuluhan keamanan pangan, kehigienisan, sanitasi dan proses pengolahan makanan akan terus kita sosialisasikan," katanya.

Terlebih lagi, menurut di Kabupaten Kapuas selama ini sudah banyak mengalami kasus keracunan makanan. "Sehingga ini menjadi perhatian serius kita ke depannya," tuturnya.

Selain itu, pihaknya terkait dengan kejadian keracunan massal yang menimpa warga Desa Narahan ini sudah berangsur membaik dan hampir semua pasien mencapai ratusan yang sempat dirujuk ke rumah sakit itu sudah kembali ke rumah masing - masing.

"Walaupun kami juga bersyukur kepada kawan-kawan tenaga kesehatan maupun relawan para lintas sektor yang sudah mendukung sampai saat ini selama ada kejadian kasus keracunan di Kabupaten Kapuas belum pernah kita temukan yang sampai meninggal dunia," ucapnya.

Hal itu juga menandakan dari segi teknis pelayanan dengan kecepatan pelayanan dan responnya cukup bagus. "Akan tetapi kita akan upayakan terus dalam mencegah kejadian keracunan terulang kembali," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru