H-6 Idulfitri, 6.000 Pemudik telah Berangkat dari Pelabuhan Kumai

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 29 Mei 2019 - 08:24 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Memasuki H-6 Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah, tercatat 6.000 pemudik telah berangkat dari Pelabuhan Panglima Utar, Kumai, Kotawaringin Barat.

"Sesuai dengan kapasitasnya, hari ini KM Kelimutu memberangkatka 1.602, penumpang jurusan Semarang sekitar pukul 23.00WIB. Kemudian penumpang yang sudah diberangkatkan sampai dengan hari ini sudah mencapai 6.000 lebih," ujar kepala PT Pelni Cabang Pangkalan Bun Isdwi Santo, Selasa, 28 Mei 2019 malam.

Dari H-7 hingga H-1 Lebaran, masih ada 6 kali jadwal keberangkatan kapal di Pelabuhan Panglima Utara. Kemudian pada pada hari H Idul Fitri hingga H+2 juga masih ada keberangkatan kapal yakni KM Egon dan KM Kelimutu.

Kapasitas angkut dua kapal itu yakni KM Egon 708 penumpang dan Kelimutu 1.602 penumpang. "Jadi hanya perbedaan kapasitas penumpangnya," ujar Isdwi.

Sejauh ini, arus mudik Lebaran tidak mengalami kendala berarti. Hanya, di wilayah Jawa cuaca yang diprediksikan agak bergelombang.

"Prosesnya selama ini berjalan lancar. Hanya ada informasi terkait cuaca di Jawa. Sehingga menyebabkan ada gelombang setinggi 2-2,5 meter," jelasnya.

Dalam hal pelayanan penjualan tiket juga sudah menggunakan sistem online. Sehingga memudahkan calon penumpang karena tidak lagi mengantre di loket.

"Jadi penumpang datang ke kantor hanya hanya membawa kode booking dan tinggal cetak tiketnya, bisa langsung ke terminal penumpang untuk naik ke kapal," pungkasnya.

Sejauh ini, tiket masih tersedia sebanyak 1.328 lembar hingga tanggal 3 Juni 2019. Kemudian untuk hari H, jurusan Surabaya dan tanggal 5 Juni untuk KM Egon, baru terjual 69 tiket. Sedangkan KM Kelimutu terjual 168 site. (DANANG/B-3)

Berita Terbaru