Peraih Nilai UNBK SMP Tertinggi se- Kalteng, Hobi Belajar dan Baca Buku Sains

  • Oleh Wahyu Krida
  • 29 Mei 2019 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sambil malu malu Daniel Numforian Adinata, pelajar yang baru lulus SMPN 1 Arut Selatan (Arsel) yang berhasil mencapai nilai tertinggi Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK se- Kalteng dengan nilai 393.50,  mengatakan bahwa membaca buku sains merupakan hobinya.

Ia menceritakan hal tersebut usai pengumuman kelulusan UNBK pelajar SMP se Indonesia yang dilaksanakan serentak, Rabu, 29 Mei 2019.

"Dalam sehari, biasanya saya belajar di rumah rata-rata 6 jam. Mata pelajaran favorit saya yaitu IPA, matematika dan bahasa inggris. Selain belajar saya juga senang membaca  buku sains dan pengetahuan," ujar anak dari pasangan dr Ulianto dan dr Novie Widjaja ini singkat.

Saat ditanyakan terkait cita-citanya, Daniel mengatakan ada dua hal yang menarik minatnya untuk ditekuni di masa yang akan datang.

"Bisa jadi dokter atau jadi ilmuwan. Kita lihat saja nanti," ujarnya.

Menurut sang ibu yang mendampinginya saat kelulusan di sekolahnya, anaknya tersebut memang gemar membaca buku - buku sains.

"Sepengetahuan saya, anak saya itu gemar membaca buku sains milik saya dan suami," jelas Novie. 

Di tempat yang sama Kepala SMPN 1 Arsel Nur Ahdiyat mengatakan bahwa dalam keseharian ia mengenal Daniel sebagai anak yang ulet dalam menuntut ilmu.

"Guru-guru biasanya mengenal Daniel sebagai anak yang hobi membaca dan gemar belajar. Seringkali ia terlihat membawa buku-buku tebal. Lantaran usaha kerasnya untuk belajar, kami rasa wajar ia mampu mencapai nilai UNBK tertinggi se Kalteng," jelas dia. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru