BPBD Palangka Raya akan Bentuk Tim Patroli Kebakaran Hutan dan Lahan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 31 Mei 2019 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kota Palangka Raya berencana untuk membentuk tim patroli kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Rencana pembentukan tim patroli ini disampaikan oleh Plt Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Supriyanto saat di Balai Kota Palangka Raya.

“Langkah antisipasi harus dilakukan salah satunya akan membentuk tim partoli Karhutla. Tugas tim ini akan rutin melakukan patroli ke wilayah kelurahan yang dianggap rawan terjadi Karhutla,” sebut Supriyanto, Jumat, 31 Mei 2019.

Persiapan ini dilakukan menyusul perkiraan Badan Metrologi, Klematologi, dan Geofisikas (BMKG) Palangka Raya yang memprediksi awal musim kemarau tahun ini akan terjadi mulai 20 Juni 2019.

Supriyanto mengatakan tim patroli Karhutla ini nantinya merupakan tim gabungan. Didalamnya terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, dan tim serbu api keluarahan (TSAK).

Ia berharap melalui dibentuknya tim tersebut nantinya ketika ada kebakaran hutan dan lahan bisa cepat ditangani. Melalui respon cepat tim pemadam kebakaran hutan dan lahan.

“Kami ingin semua instansi yang dilibatkan dalam tim partoli nanti bisa maksimal dalam menjalankan tugas, sehingga bahaya Karhutla bisa diminimalisasi,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru