Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pacitan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kapuas Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 01 Juni 2019 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemkab Kapuas menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman kantor Bupati Kapuas pada Sabtu, 1 Juni 2019.

Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor bertindak sebagai inspektur upacara, dihadiri segenap unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas, pejabat eselon II, III, IV serta ASN dan pegawai kontrak di lingkup Pemkab Kapuas.

HM Nafiah Ibnor saat membacakan amanat Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Hariyono mengatakan pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa, buat bangsa Indonesia.

"Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai pancasila, kita akui bahwa eksistensi keIndonesian baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat pancasila," ucap Nafiah dalam amanatnya.

Lebih lanjut, dikatakannya Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosialogis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. 


Proses internalisasi sekaligus pengalaman nilai-nilai pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. 

"Berkat pancasila yang berkeadilan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang menjadi suatu berkah," katanya 

Berkat pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalm wadah dan slogan ''Bhinneka Tunggal Ika''. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru